Skip navigation

 

Adakah peristiwa kebetulan di dunia ini?

Untuk dua atau lebih peristiwa yang tidak disengaja tetapi masih berhubungan, kita sering menyebutnya kebetulan. Kalau kita mengamati peristiwa di sekitar, mungkin kita akan terkesima melihat betapa banyak hal, kejadian kecil atau besar yang bisa disebut kebetulan. Contoh peristiwa kebetulan itu antara lain:

 

  • Tetangga saya (laki2) menikah dengan wanita yang namanya kembar dengan nama almarhum ibunya.
  • Pasangan kakak kelas saya, namanya ada unsur ‘pure’ dan ‘murni’, ada lagi ‘puji’ dan ‘pujo’
  • Antara Mark Zuckerberg dan Matt[hew] Mullenweg, sudah bisa kan merasakan hubungan ‘kebetulannya’?

 

Mereka pendiri dua platform raksasa, Facebook dan WordPress. Urutan huruf vokal pada nama keduanya adalah sama [a – u – e – e]. Selain itu, mereka sama-sama putus sekolah dan lahir pada 1984.

Ada apa dengan 1984? Tidak banyak peristiwa bersejarah yang saya ketahui, yang pasti 1984 adalah judul novel distopia karya George Orwell. Novel ini sangat populer dan berpengaruh dalam politik. Istilah big brother, thought police, newspeak,  doublethinks, pada awalnya digunakan dalam novel ini.

 

  • Dalam film-film Hollywood, misalnya U-571, Ladder 49, 3:10 to Yuma, 30 Days of Night, dan 1408 yang seluruhnya bertema kemalangan atau keadaan yang tidak mengenakkan. Bisa mendeteksi letak kebetulannya kan? Semuanya memuat angka keramat yang tersembunyi.

 

Nah, kalau saya, lebih percaya bahwa tidak ada kejadian kebetulan di dunia ini. Yang terlihat kebetulan adalah ujung dari peristiwa-peristiwa sebelumnya, baik yang direncana maupun tidak. Kebetulan bisa terjadi karena campur tangan manusia, dan bisa jadi, lebih dari itu, kekuatan di luar manusia, kekuatan yang menciptakan manusia.

Kalian punya simpanan contoh peristiwa (bukan) kebetulan yang lain?

 

Advertisements

18 Comments

  1. contohnya, saya maen ke blog Violetcactus dan kebetulan posting ini… apa kebetulan?? tentu tidak…

  2. Wah, sobat blogger banyak yang setuju. kalau gitu saya pilih gak setuju saja, kebetulan itu sebenarnya ada. tapi saya tetap jawab pertanyaannya juga .

    contoh yang bukan kebetulan atau contoh kebetulan. kok kata “bukan” nya dimasukin dalam kurung, bikin saya bingung. otak saya masih mini. hiks

    contoh / peristiwa yang bukan kebetulan:

    pending…

    1. persamaan produk antara aple dan samsum, yang merupakan pelanggaran hak cipta dari salah satu pihak.

    2. aktifnya sejumlah gunung berapi secara bersamaan di indonesia, itu karena gunung merapi tersebut mempunyai jalur magma yang sama.

    3. populernya jejaring sosial fb dan twitter. dikarenakan kemajuan tekinkom secara pesat.

    film 2012 jumlahnya gak 13 padahal menurut saya itu kemalangan buat manusia.

    • wowww… yang tidak setuju muncul juga ^_^

      #otak saya juga mini#

      kata (bukan) saya kurung karena pada dasarnya, jika saya lihat semua yang terjadi dan dihubungkan dengan pencipta alam raya ini, tidak satu pun yang lepas dari pengawasan, kehendak, dan rencanaNya.

      dari contoh2 yang Tra tulis, saya berpikiran begini:

      1. soal tuntutan apple ke samsung itu, bisa memang karena kebetulan (dalam artian sesuatu yang tidak terkira/terencana oleh manusia) kedua pihak melakukan riset dan pengembangan produk yang intinya sama.
      dari sisi lain (pura-pura jadi devil’s advocate), bisa saja itu adalah skenario diam-diam yang dilakukan pihak tertentu yang menginginkan salah satunya jatuh => bukan kebetulan lagi

      2. oke..
      sudut lain: adakah teknologi yang mampu mengaktifkan gunung berapi sehingga bisa beraktifitas pada waktu tertentu sesuai agenda si pemilik teknologi tersebut? kalo ini beneran terjadi => bukan kebetulan lagi

      3. iya, apalagi orang2 sekarang cenderung lebih menyukai hal-hal yang sifatnya instan seperti sosial media ketimbang misalnya, blog.
      lain sisi: sosial media bisa saja disokong oleh korporasi2 dan media2 massa raksasa yang mampu mempopulerkan dan membesarkan nama mereka, sehingga secara tidak langsung, pihak pendukung juga mendapat untung.

      film 2012 memang tidak mengandung unsur 13, hanya saja film itu juga didasarkan pada (kalau ga salah ingat) prediksi penanggalan suku Maya kuno tentang kejadian besar yang akan menimpa bumi. jadi menurut saya, 2012 masih nyerempet dengan hal-hal mistis yang dikeramatkan. kita tunggu saja beberapa bulan ke depan.. moga2 bencana tragis ga akan terjadi.

      wah, selamat Tra, kamu memecahkan kode 13 nya 🙂

      makasih banget buat komentarnya ya

  3. menurut saya juga nggak ada yang kebetulan didunia ini mbak, semua pasti sudah diatur sedemikian rupa oleh sang pencipta, bahkan gerakan-gerakan sel sekalipun pasti diatur…. 😉

    • setujuuu Mbak..
      kita tinggal menjalani, eh, melakukan yang terbaik dalam menapaki dunia ini ^_^

  4. belum punya contohnya aku jadi nyimak aja dulu 🙂

  5. saya juga percaya tidak ada kebetulan, yang ada blueprint yang saling berinterkoneksitas 😀

    • iya, dan kadang koneksi antar titik2 peristiwa baru ketahuan setelah semua terjadi 🙂
      terima kasih Om Red buat kunjungannya ya…

      • nah sementara belum ketahuan kan orang2 suka membuat prediksi atau menghubung – hubungkan ala otak atik gathuk hihihi :mrgreen:

      • hihihi.. ini juga otak atik gathuk Om.. tapi dari situ pula suatu pola akan terlihat, dan pada suatu saat mungkin bisa dipakai buat memprediksi atau mengantisipasi sesuatu

  6. bener banget mas, tak ada yang tercipta tanpa alasan.
    speechlesss, enggak bisa merespon komentarmu
    _/\_ #tekuk siku#

    • Hahaha bisa aja mba

  7. Tuhan punya cara sendiri untuk menunjukan keajaiban dan keberadaan-Nya. Kelahiran kita ke dunia yang merupakan efek kausalitas dari bertemunya orang tua kita juga merupakan salah satunya.

    Sungguh di dunia ini tak ada sesuatu apapun yang terjadi secara kebetulan dan tanpa alasan.
    Tidak ada hal sekecil apapun yang terjadi karena kebetulan (Harun Yahya), dan Tuhan tidak sedang bermain dadu dengan alam semesta (Albert Einstein)

    • Nah,kebetulan juga Tuhan menciptakan seorang manusia yang pada akhirnya menemukan kata “kebetulan” ..
      Apakah “kebetulan” itu rencana Tuhan juga?
      atau jangan2 Tuhan sengaja?( Biar manusia ribut masalah “kebetulan” )
      🙂


Silakan berkomentar ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: