Skip navigation

“Wow…..you look amazingly healthy!!!”

Kawan, pernahkah ada orang yang memuji kalian dengan kalimat di atas atau yang sejenis itu?

Salah satu kenyataan meresahkan yang ada sekitarku adalah, nyaris di setiap rumah pasti ada penghuninya yang sakit. Yang kumaksud sakit di sini tidak hanya kondisi yang membuat mereka istirahat seharian atau dilarikan ke unit gawat darurat.

Tanda-tandanya mereka sering –bukan sekali dua kali dalam sebulan– mengeluh sering capek, badan terasa sakit semua, sering sakit kepala, gangguan lambung yang kerap muncul dan sebagainya. Ada juga beberapa yang berpenyakit serius sehingga ruang gerak mereka terbatas. Yang lebih menyedihkan, orang yang masih muda pun banyak yang berpenyakit. Anak SMP yang terdeteksi kadar asam uratnya ketinggian, ada lagi yang menderita kencing batu, terkena radang usus buntu, sampai yang menderita komplikasi berbagai penyakit ganas, dan deretan daftar ini terus bertambah.

Tiga di antara mereka sudah meninggal karena takdir tubuh mereka tidak kuat melawan penyakit yang menyerang: satu terkena kanker tulang, satu lagi gagal ginjal, dan yang terakhir takluk pada diabetes. Semuanya meninggal di bawah usia tiga puluh. Ini menjadi bukti jika orang muda tidak selalu lebih akhir masuk ke alam baka dibandingkan orang yang lebih tua.

Adalah benar sekali jika salah satu nikmat yang kerap diabaikan adalah nikmat sehat. Kalau sudah sakit baru menyesal. Kurasa, saat kita sakit, dengan segala keistimewaannya (iming-iming akan lenyapnya dosa) tetap tidak bisa melebihi indahnya saat kita sehat. Lagian, pembersihan dosa itu pun bersyarat, harus diiringi kesabaran (bukan pasrah). Dan itu berattt. Tapi jangan menyerah. Tidak boleh berputus asa karena setiap penyakit pasti ada obatnya.

Jika kita sakit, kita tidak akan bisa bernikmat-nikmat makan. Kondisi itu bisa membuat kerja tidak beres, rencana berantakan, dan lain-lain yang serba tidak enak. Kesehatan itu modal utama di segala suasana. Jika dikaitkan dengan bulan puasa yang sebentar lagi tiba, pasti ini sangat terasa. Mana mungkin memaksakan diri berpuasa kalau diri sedang sakit (berat)?

Masalahnya, kadang kita tidak sadar jika apa yang kita lakukan, kebiasaan kita, bisa jadi membuat penyakit berpesta pora. Satu dari mereka yang meninggal itu setahuku memang menerapkan pola makan yang sangat tidak selayaknya dilakukan.

Aku pernah dengar kalau Firaun zaman nabi Musa selama hidupnya tidak pernah sakit. Tidak usah jauh-jauh, yang dekat dengan kehidupan kita, Rasulullah juga tercatat hanya dua kali sakit: saat menerima wahyu pertama dan menjelang meninggal dunia. Di lain sisi, beliau adalah manusia super aktif dengan segala aktivitas mulai dari yang ringan sampai yang berat seperti berperang. Tapi beliau jarang sakit. Rahasia di balik kehidupan beliau terkait urusan menjaga kesehatan ini perlu kita telusuri dan teladani.

Teman, teman, jika kalian saat ini ada yang sedang sakit, aku doakan semoga lekas fit.

Jika kalian sehat dan baik-baik saja, jaga agar selalu dalam keadaan itu!

Selamat menyambut (bulan ) puasa! ^_^

Image

Advertisements

4 Comments

  1. iya..
    rasa syukur itu diwujudkan dengan menjaganya selagi kita masih sehat..

  2. hmmm..
    kok bisa bareeng gtu ya sis?
    tapi apasih kl udah Dia kehendaki, pasti terjadi..

    memang kesehatan adalah nikmat yg sering di lupakan, semoga kita bisa bersyukur atas nikmat sehat yg kita rasakan….

  3. iya…
    sebab yg sebenarnya ga tau juga..tp yg pasti bisa membuat orang jatuh sakit adalah toksin/racun (dari makanan, polusi, pewarna/pemanis buatan, emosi negatif, stress, dll) yg masuk jauh lebih besar ketimbang yg bisa dikeluarkan tubuh -> daya tahan melemah sehingga gampang sakit..
    makasih banget udah berkunjung kemari ya..

  4. waduh semoga masyarakat di lingkungannya lekas sehat. tapi kenapa bisa begitu ya?


Silakan berkomentar ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: