Skip navigation

Punya teman yang bisa diajak bicara, apalagi mau berusaha mengerti diri kita memang asyik. Apalagi kalau bisa ketemuan tiap hari. Rasa-rasanya perpisahan adalah menu yang wajib dihindari.

Namun apa daya, meski jarak dan waktu sering bisa disiasati dengan teknologi, kadang tetap saja ada kendala dalam berinteraksi. Terlebih bila si teman adalah tipikal orang super sibuk dan atau sudah berkeluarga. Pastinya dia atau mereka punya tanggungan lebih banyak karena ada orang-orang terdekat yang harus diperhatikan.

Tidak jarang saya rasakan hanya orang-orang tertentu yang bisa dan mau mendengar isi pikiran ini: keingintahuan, rasa jenuh, geram, benci, jengah, dan sebagainya. Kala perasaan-perasaan semacam itu muncul dan tidak ada kawan dekat yang bisa diajak berbagi, yang biasa saya lakukan adalah mencari orang-orang yang berkepribadian sejenis . Memang semua itu bisa saja diakali dengan posting di blog. Tapi tetap saja seperti ngomong dan curhat pada diri sendiri, jika tidak ada satu pun yang mengomentari. Saya perlu yang lebih dari itu, sesuatu yang bisa didiskusikan. Maka, lari ke forum-forum khusus yang mengidentifikasi para anggotanya sesuai kepribadian mereka, terutama skala MBTI rasanya jauh lebih nyaman.

Contohnya, saya tidak habis mengerti, adakah ketidaksukaan pada dering telepon, apalagi bicara lewat telepon adalah kelainan kronis. Soalnya, setiap orang yang saya kenal selalu antusias menjawab telepon dan betah berlama-lama ngobrol di sana. Kalau saya, daripada ngobrol lewat telepon, mending ketemu dan ngomong secara langsung atau berkomunikasi lewat tulisan. Habisnya, saya biasanya akan mati kutu alias kehabisan stok kata-kata kalau diajak ngobrol santai lewat telepon. Dengan menelusuri forum seperti itu, meski lebih sering cuma baca-baca, saya jadi tahu jika aku tidak sendirian. Betapa pun benci saya pada telepon, saya akan terus melatih diri untuk menjadi lawan bicara yang sopan.

Contoh lainnya, saya merasa lebih mudah bicara dengan orang yang lebih tua (+10 tahun ke atas) atau pada anak-anak sekalian, ketimbang dengan yang seumuran. Ternyata bukan hanya saya yang punya tendensi begitu. Saya merasa dimengerti, diterima, karena ada sejumlah orang di luar sana dengan cara berpikir yang mirip. Bukan berarti dimengerti 24/7 loh. Tentu saja tidak ada dua individu yang sama persis, tapi kemiripan pola pikir antar pribadi tetap ada. Dengan begitu, rasa penasaran, kejenuhan, kekacauan otak, bisa teratasi. Dari sana, saya juga bisa belajar buat lebih memahami diri sendiri.

Kalau sobat belum tahu, mungkin situs-situs berikut bisa menjadi tempat curhat, penuangan isi kepala yang sangat mungkin langsung tertanggapi, atau sekadar mengintip rahasia gebetan berdasarkan (kecurigaan) jenis kepribadiannya:

Personality Café

Personality Nation

Typology Central

Similar Minds

Socionics

Keempat situs di atas mengetengahkan beragam bahasan yang mencakup keenambelas tipe kepribadian yang dilandaskan pada teori kepribadian Jung (MBTI, socionics), bahkan juga tentang enneagram.

Sedangkan website-website khusus tempat ngumpulnya orang-orang berkepribadian tertentu diantaranya:

ENFP Forum

ENTP.org

ENTJ Forum

INFP Forum

INFJs Forums

INTP Central

INTJ Forum

Meskipun dinamai xxxx forum, tapi keanggotaannya terbuka bagi semua, tidak peduli jenis kepribadiannya. So, happy searching! ^_^

Silakan berkomentar ;)

